Cara Sederhana Merawat Sepatu Agar Bersih dan Awet

Terkadang orang melihat kepribadian kita dari cara berpenampilan kita. Bukan hanya dari pakaian yang rapi , kondisi sepatu kita juga kadang diidentikan dengan kepribadian kita. Sepatu yang bersih dan terlihat baru dan pastinya tidak bau dapat membuat nyaman orang disekitar juga menambah kepercayaan diri pemakainya ,  kebalikannya bila sepatu kita kotor dan bau tentu akan membuat orang disekitar kita dan juga diri kita tidak nyaman. Selain kotor dan bau kadang juga beberapa orang mengeluhkan tentang warna yang pudar , ujung sepatu yang rusak sampai ada yang hilang tali sepatunya. Sebenarnya hal tersebut dapat diantisipasi dengan perawatan yang sederhana. Cara perawatan ini sangat mudah dan tidak hanya untuk jenis atau merk tertentu. Mari kita simak beberapa cara perawatan sepatu sederhana agar tetap bersih dan tahan lama.

1. Simpan pada kardus asli

simpan-kardus

Kadang ada orang beranggapan kardus asli atau kardus bawaan harus dibuang , faktanya kardus tersebut bukan hanya untuk bungkus saja , didalam kardus tersebut biasanya terdapat busa atau kertas pelindung, ada juga silica gel yang membuat sepatu bebas dari jamur. Tidak kalah pentingnya usahakan kardus dalam keadaan kering dan jangan ditaruh pada tempat yang lembab , karena dapat mempengerauhi kondisi sepatu juga.

2. Simpan pada tempat kering

simpan-tempat-kering

Bila anda sudah membuang kardus bawaan jangan bersedih hati. Menyimpan sepatu pada rak sepatu masih sangat dianjurkan, asalkan tempat tersebut kering dan dalam suhu yang cenderung stabil. Hindari menyimpan pada rak yang sering terpapar suhu AC , selain itu jangan lupa taruh kamper disekitar rak agar terhindar dari jamur ataupun hewan seperti tikus , kecoa dan semut.

3. Jangan letakan kaus kaki dalam sepatu

jangan.kaos.kaki.disepatu

Menaruh kaus kaki dalam waktu lama pada sepatu juga dapat mengakibatkan sepatu bau , hal itu dikarenakan bakteri dan bau kaki mencemari bagian dalam sepatu. Jangan biasakan menaruh kaus kaki di dalam sepatu , lebih baik anda pakai kaus kaki agar terlindung dari kuman kuman dipakai atau bisa kita taruh saku bila tidak terbiasa memakai kaus kaki saja. Kaus kaki yang sedang tidak terpakai baiknya di cuci atau di jemur.

4. Rutin bersihkan sepatumu

bersihkan.sepatu

Terdengar seperti hal yang biasa dilakukan , tapi memang membersihkan sepatu secara rutin adalah tips yang ampuh. Dengan membersihkan secara rutin selain membuat sepatu bersih juga menjadikan sepatu tampak selalu baru. Setiap kali akan digunakan jangan lupa untuk dibersihkan dahulu menggunakan lap kering agar debu debu yang menempel hilang. Selanjutnya anda dapat mencuci sepatu secara menyeluruh 2 hingga 4 minggu sekali, perhatikan karakteristik dari sepatu yang anda punya , karena setiap sepatu mempunyai cara penanganan yang  berbeda beda. Bila anda kebingungan untuk mencuci sepatu saat ini sudah banyak Shoes Care yang dapat membantu anda.

5.Gunakan saat sepatu dalam keadaan kering

Gunakan-saat-kering

Tips terakhir ini juga tidak kalah penting  pastikan saat akan menggunakan sepatu , sepatu sudah dalam keadaan kering. Sediakan set sepatu cadangan bila sedang musim hujan. Karena memakai sepatu yang basah akan mengakibatkan bau kaki dan dapat merusak bentuk sepatu.

Walau terdengar simple dan sederhana masih banyak hal hal kecil yang biasa kita lupakan untuk membuat sepatu awet dan nyaman. Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam merawat sepatu sepatu favorit.